5 Tips Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

0
8614
©veja.abril

Memiliki badan yang ideal dan enak dipandang tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain itu, badan yang pas bisa membuat tampilan dengan outfit apapun terlihat keren. Tapi, apa daya jika pada kenyataannya kamu sulit sekali menurunkan berat badan padahal sudah melakukan berbagai cara. Ingin rutin olahraga pun cuma jadi angan-angan.

Kalau sudah seperti ini, mempunyai badan ideal seperti hal yang mustahil terjadi ya. Tapi tenang, guys! Tanpa kamu sadari, ada beberapa tips ampuh nan mudah yang patut kamu coba untuk membantu mengurangi berat badanmu seperti berikut.

1. Kurangi makanan serba manis

©istock

Gula atau glukosa memang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Akan tetapi, jika dikonsumsi berlebihan maka akan meningkatkan bobotmu. Nah, kurangilah makanan dan minuman yang sama-sama manis. Sebab, kehadiranmu saja sudah membuat segalanya menjadi manis! Hehe.

2. Gunakan piring kecil

©rosily

Jangan salah loh, penggunaan piring kecil sangat berpengaruh bagi kamu yang ingin diet. Jajanan yang ditaruh di piring yang kecil secara tak langsung pengaruhi otak untuk berpikir porsi yang banyak pada makanan itu. Sebaliknya, ketika kamu makan makanan yang sehat dan bergizi, maka pakailah piring yang besar. Ini cara yang ampuh kurangi jajanan tak sehatmu.

3. Sembunyikan makanan tak sehat

Nafsu makan bisa meningkat bisa disebabkan karena kamu menaruh jajanan di tempat yang terlihat oleh mata. Alhasil, kamu tergoda untuk memakannya dan secara tak sadar badanmu semakin berat. Nah, ini bisa kamu siasati dengan menaruhnya di tempat tersembunyi yang tak terjangkau oleh matamu. Percaya deh, ini memiliki pengaruh kok.

Baca Juga: Sering Makan Makanan Ini Bisa Bikin Dietmu Gagal!

4. Mengunyah dengan perlahan

©hellosehat

Pernah dengar tentang mindful eating? Yap, istilah itu berarti mengunyah dengan pelan-pelan saat makan, merasakan rasa dari makanan, dan menelannya. Hal ini membuatmu sadar kamu sedang makan. Sebab, fokusmu menjadi ke makanan bukan ke hal lain seperti pekerjaan, sekolah, atau urusan rumah. Mengunyah dengan perlahan akan memunculkan rasa kenyang dengan cepat. Selain itu, enzim yang diserap pun lebih banyak, serta kalori yang masuk akan lebih sedikit.

5. Aktif bergerak

©shutterstock

Gerak tak melulu soal olahraga. Dengan kamu banyak melakukan gerakan, kalori yang dikeluarkan akan lebih banyak. Bahkan melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, dan perbanyak jalan kaki bisa membakar kalori yang ada. Mager atau malas gerak itu bisa jadi penyebab seseorang menjadi gemuk. Sebab, banyak asupan yang masuk tapi tak banyak kalori yang dikeluarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here