5 Fakta Menarik tentang Anthony Sinisuka Ginting, Sang Pahlawan Badminton di Asian Games 2018

0
9725
©djarumbadminton

Pertandingan Anthony semalam sempat membuat publik heboh. Setelah sebelumnya mengalami kekalahan karena harus menyerah di tangan Kento Momota secara menyesakkan, ia harus kembali menelan pil pahit. Pasalnya, Anthony Sinisuka Ginting akhirnya menyerah dari pebulutangkis peringkat dua dunia, Shi Yuqi, lewat pertarungan yang ketat dan dramatis pada final bulutangkis beregu putra Asian Games 2018, Rabu (22/8/2018) di Istora Senayan, Jakarta.

Anthony yang sebelumnya gak banyak dikenal, kini mulai menjadi pahlawan sesungguhnya karena mampu menunjukkan permainan maksimalnya. Ia tetap rela berjuang meskipun kakinya terluka, dengan sepenuh jiwa raga dan berjuang untuk menyelesaikan pertandingan. Walaupun harus menyerah karena gak kuat untuk bermain lagi, tapi Anthony telah membuat Indonesia bangga dengan kerja kerasnya. Nah, ini dia fakta-fakta tentang Anthony  yang wajib kalian simak.

  1. Keturunan suku Karo yang lahir di Cimahi
©pbsi

Pemuda berusia 21 tahun ini ternyata kelahiran Cimahi lho, guys. Ginting adalah pemuda keturunan Karo yang diperkenalkan ke bulutangkis oleh ayahnya ketika masih di taman kanak-kanak. Ia sendiri adalah anak keempat dari lima bersaudara.

  1. Ikut turnamen sejak umur 9 tahun
©instagram/sinisukanthony

Ginting muda mulai bergabung dengan PB. SGS PLN, klub bulu tangkis di Bandung, Jawa Barat untuk mengasah bakatnya. Dia baru mulai ambil bagian di turnamen badminton sekitar umur 9 tahun, atau dua tahun setelah dia dibina di klubnya.

  1. Mengidolakan Taufik Hidayat
©bwfbadminton

Pemuda kelahiran 20 Oktober 1996 ini mengidolakan Taufik Hidayat nih, guys. Dan ternyata keduanya berasal dari klub Badminton yang sama loh. Wah, semoga prestasinya akan menyamakan Taufik Hidayat juga, ya. Semangat Ginting!

  1. Menang di berbagai turnamen
©bwfbadminton

Ginting pernah berkompetisi dalam bulutangkis di 2014 Summer Youth Olympics – Boys’ tournament di tunggal putra dan berhasil memenangkan medali perunggu di final. Ginting juga bagian dari tim putra Indonesia yang memenangkan medali emas di Asian Games 2015 ke-28 di Singapura setelah mengalahkan tim putra Thailand 3-2 di final.

  1. Ranking 12 dunia
©bwfbadminton

Anthony ternyata ranking 12 di dunia berdasarkan peringkat dari BWF (Badminton World Federation) sebagai pemain tunggal putra, dengan total kemenangan hingga 126 kali. Semoga match selanjutnya dia masih bisa terus membanggakan Indonesia ya. Semangat Anthony!

Wah, keren banget ya prestasi dari Anthony ini, makin bikin bangga Indonesia. Semoga Anthony bisa terus jadi Atlet kebanggaan kita ya, guys. Dukung terus atlet-atlet kita yang masih bertanding di Asian Games 2018!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here